Yamaha Jupiter MX 135LC, Gas Gas Versi Pahe

Modifikasi Yamaha Jupiter MX 135LC, 2007 (Solo)

Tukang insinyur’ pabrikan Gas Gas dari Spanyol sono, bakal gumun (heran; red) dan akan mengernyitkan dahi sampai berkerut. Itu jika mereka melihat motor trial ini.
Trail ini diberi nama Gesges MX oleh ownernya, Ronny Hotapea. Beneran, bro! Pasalnya Gesges MX gawean Solo, Jawa Tengah ini pede bila bersaing tampilan dengan Gas Gas TXT Pro 250, yang belakangan ini banyak beredar di Solo.

Monggo deh amati detilnya! Apik tenan, rapi jali. Makanya boleh kali ya, disebut versi kw alias atawa paket hemat. Soalnya, yang dipakai buat basis pacuan berasal dari Yamaha Jupiter MX 135LC.

Intinya bukan sembarang KW. Soalnya selain detail pas, dari segi performa juga sip. Contoh, kaki-kaki. Ronny begitu sapaannya, dari motor trial.

“Sokbreker depan pakai Serco. Kalau swing arm beserta monosok dicomot dari Gas Gas. Pelek dan ban, pakai spek trial tuh. Biar sip melibas gunung batu segede rumah. Kan traksinya dapat terus,” bangga Ronny begitu sapaannya. Wowww..!!

Ronny yang tergabung pada komunitas ATC (Adventure Trail Community) Solo, memang enggak sembarangan ngebangun semplakan bebek yang ngetop dengan ikonnya Komeng.

Pria yang berkulit putih dan doyan blusukan dengan motor trail itu, sampai libatkan beberapa bengkel modifikasi, untuk wujudkan trial impiannya. Tujuannya, soal tampilan juga performa.

“Saya pakai 3 bengkel sekaligus. Soalnya masing-masing bengkel itu piawai pada bidangnya,” alasan warga Palur, Solo yang sebenarnya bisa menebus versi asli Gas Gas.

Singkatnya sih, ada beberapa bengkel yang dirujuk. Diantaranya Budi Kieng dari Loeck Racing Karanganyar, kebagian susun frame dan masukan mesin ke rangka kustom dari pipa baja seamless itu.

“Sudut rake komstir, bentuk serta ukuran sasis, menyadur dari Gas Gas TXT Pro 250. Pengelasannya rapi dan kuat. Buktinya motor sudah dihajar di trek bebatuan. Enggak ada tuh sasisnya yang melintir,” kekeh Ronny.

Selain Budi, ada pula nama Hendro Modified yang bercokol di belakang kampus UNS. Dia ini kebagian job bikin tangki yang kapasitasnya hanya 2,2 liter. sekaligus, bikin filter karburator yang berfungsi sebagai filter dan rumah aki. Uniknya komponen itu dibuat dari aluminium sehingga meringankan bobot motor.

Finishing dan perawatan, diserahkan ke Dewo dari bengkel Suta Racing, Jagalan. “Soal lengkungan pipa knalpot, itu garapan saya bro. Silencer ambil dari Yamaha YZ 125. Namun dalamnya sudah dibobok, supaya tenaganya keluar,” bangga Ronny. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Dunlop Trial 2,75×18
Ban belakang : Dunlop Trial 4,00×18
Sok depan: Sherco
Rem depan: Honda GL Pro
Rem belakang: KTM 85

2 thoughts on “Yamaha Jupiter MX 135LC, Gas Gas Versi Pahe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s