Memilih Yamaha Jupiter MX135 LC Bekas, Pantau Area Mesin

Bursa Motor Bekas


Menurut Maman dari MX Shop, biar nggak kecewa ketika membeli Yamaha Jupiter MX135 LC seken, perhatikan master remnya. Kadang, itu suka dioplos penjualnya. “Selain itu motor harus dicoba riding untuk ngecek kampas kopling dan as sokbrekernya,” tambah pria yang tokonya berada di Jl. HOS Cokroaminoto No. 12D, Larangan, Ciledug, Tangerang.
Nah, selain itu brother juga harus mengetahui part fast moving agar bisa menyiapkan dana lebih jika ada beberapa part yang sudah harus diganti.

Bodi
Perhatikan bodi pada bagian tengah, biasanya jika motor sudah pernah jatuh bodi itu tidak akan bisa rapat. Itu kemungkinan sasisnya sudah miring.

Selain itu, perhatikan juga pada bodi samping bagian bawah. Jika bodi itu dengan roda depan memiliki jarak tipis, ada kemungkinan bodi sudah pernah mengalami benturan. Pada saat memasang bodi, brother pasti akan kesulitan karena bodi tidak mau rapat.

Cakram Depan

Nah, bagian cakram depan yang biasanya kerap dioplos para penjual. Biasanya, master rem dan kaliper suka ditukar dengan part lokal. Cara cek master rem, kudu teliti. Lihat, warna di permukaan master rem. Yang asli, warnanya tidak dicat. Sedangkan yang lokal, biasanya suka diberi cat yang warnanya menyerupai warna aslinya. Begitu juga di kaliper, yang asli warna emasnya yang lebih terang.

Kopling
Untuk cek kopling, motor harus diajak riding dengan kecepatan 60 km/jam. Jika pada saat mengganti gigi persneling terasa selip, itu tandanya kampas kopling mau habis. Untuk Jupiter MX135 yang tidak dilengkapi kopling manual, cek suara mesinnya.

Karena jika motor itu pernah dipasang kopling manual yang bukan bawaan pabrik, mesin akan terdengar aga kasar. Gejala selip juga bisa diakibatkan lifter atau kaki empat koplingnya sudah habis.

Lengan Ayun

Swing arm Yamaha Jupiter MX bawaan aslinya memang terlihat miring. Nah, untuk Yamaha Jupiter MX yang tipenya tidak double cakram biasanya suka ada yang memasang disc belakang sendiri. Akibatnya, lengan ayun akan tambah miring, makanya pada saat sebelum membeli perhatikan lengan ayunnya. Lihat, apakah miringnya masih normal atau tidak.

Mesin
Dengar secara teliti, ada suara berisik tidak di mesinnya. kalau terdengar suara berisik, ada kemungkinan piston sudah aus. Uniknya, pada motor ini jika sehernya sudah aus, tidak seperti motor yang lain yang biasanya mengeluarkan asap putih. Cek juga sil water pump. Dalam kondisi mesin panas, jika terdengar ada suara seperti tikus kejepit ada kemungkinan sil water pump sudah harus diganti.

As Sok Depan

As sok depan ini terasa jika motor diajak riding. Ada kemungkinan jika motor berasa melayang atau tidak stabil. Jika terjadi gelaja seperti itu, berarti ada kemungkinan sok as rodanya sudah kena. “Biasanya banyak mekanik yang menganggap, bahwa itu yang kena adalah segitiganya. Makanya cek dulu as rodanya,” aku Maman yang asli Solo, Jawa Tengah. (motorplus-online.com)

HARGA PART FAST MOVING
1. Gir set Rp 164 ribu
2. Kampas depan Rp 75 ribu
3. Kampas belakang Rp 42 juta
4. Filter udara Rp 29 ribu
5. Kampas kopling 1S7 Rp 79 ribu
6. Kampas kopling 2S6 Rp 126 ribu
7. Kampas kopling SOC Rp 136 ribu

KISARAN HARGA
Tahun 2009 Rp 11 juta
Tahun 2010 Rp 11,5 juta
Tahun 2011 Rp 13,25 juta
Tahun 2012 Rp 14 juta

PAJAK KENDARAAN PER TAHUN
Tahun 2009 Rp 186 ribu
Tahun 2010 Rp 211 ribu
Tahun 2011 Rp 199.500
Tahun 2012 Rp 195 ribu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s