Atasi Kabel Gas Jupiter MX 135LC Macet Saat Hujan

Lakukan perawatan jika bermasalah

Yamaha Jupiter MX 135LC kadang punya kendala ketika hujan turun. Part penarik skep karburator di bebek super ini bisa saja bermasalah. Ketika grip gas diputar, kabel gas ogah kembali ke awal. Tapi, tentunya, ini bisa ditemui di MX yang usia pakai di atas 2 tahun ya.

Usah panik! Penyebabnya, karena karat yang bernaung di kabel. Sejatinya, kabel gas dilapisi pelumas demi mendukung kelancaran kerjanya. Ya, biar enggak friksi lebih dengan selongsong gas.

“Sayangnya setelah beberapa lama, pelumas itu akan mengikat debu-debu kotoran. Ketika panas, enggak terlalu bikin masalah. Tapi, ketika hujan lapisan pelumas yang juga diselimuti debu itu akan sedikit mengental dan bikin seret,” tegas Agus Sumaryanto dari bengkel Mandiri Motor di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya, masalah seperti ini juga bisa dialami pacuan merek lain. Kalau sudah seperti ini, disarankan untuk melakukan perawatan atau pembersihan. Kabel dicuci bensin dan keringkan. Setelah itu, dilumasi lagi. “Jangan pakai oli bekas karena ada kandungan kotoran,” saran Agus.

Kelar dibersihkan, setel ulang mur dan baut. Baik yang di grip gas atau di tutup skep karburator. Sedangkan jarak celah putaran grip gas, idealnya adalah 2 – 3 mm dalam posisi skep tertutup.

Selain karat, kejadian kabel gas lemot balik juga bisa disebabkan per gas dipotong. Memang tujuannya agar enteng. “Awalnya sih enggak masalah. Tapi, kelamaan rebound per jadi telat,” sebut Gober, sapaan akrab Agus.

Dirawat ya!  (motorplus-online.com)

One thought on “Atasi Kabel Gas Jupiter MX 135LC Macet Saat Hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s