Substitusi Kampas Kopling Jupiter MX 135LC, Biar Setelan Tak Berubah

Seperti dilakukan Bayu Satria di Yamaha Jupiter MX 135 miliknya yang aplikasi kopling manual. Doi substitusi kampas kopling bebek super ini pakai part dari varian merek lain. Yaitu, kampas kopling dari Honda GL-Pro. Tentu ada alasannya dong!

”Sebenarnya ganti kampas, karena setelan kopling kadang suka rapet atau molor sendirinya. Saran dari temen suruh coba pakai punya GL. Ternyata ampuh, gejala itu enggak balik lagi,” sebut pria yang bekerja di salah satu perusahaan pelumas asal Inggris ini.

Maklum, karena buat aktivitas hariannya, pria yang akrab disapa Ketchup ini andalkan MX 135 lansiran 2009 kesayangannya. Maka itu, doi ingin besutannya sempurna ketika dipakai tanpa ada kendala di jalan.

“Lumayan lah, dari Jatibening ke TB Simatupang. Jangan sampai sudah kena macet, tapi kopling enggak bisa diajak kerjasama,” tambah Ketchup yang memang berkulit gelap tapi berwajah manis ini. Soal harga, kampas GL ditebus Ketchup di harga Rp 125 ribu.

“Sekalian pakai yang orisinal punya. Biar lebih yakin,” alasannya. Sedang part penyalur power engine milik MX 135, ditawarkan Rp 84 ribu. Ditambah kampas kopling yang kecil, Rp 26 ribu. Oh ya! Tapi, sebelum bicara lebih jauh, ada yang sobat perlu ketahui lebih lanjut.

Ternyata, substitusi kampas kopling buat MX, tak hanya mengandalkan milik GL saja. ”Tergantung tahun pembuatan motor. Kalau MX yang awal-awal, bisa pakai kampas Honda Karisma. Tapi, kalau untuk tahun 2009 ke atas, ya pakai GL,” sebut Maman, salah satu mekanik dari MX Shop di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang.

Perbedaan ini bukan dari bahan kampas yang dipakai, lho. ”Kalau bahan sih sama saja. Perbedaan itu karena jumlah kaki kampas antara GL dan Karisma atau di mangkok kopling MX yang beda,” timpal Sugeng dari Cineng Motor di Ciledug, Tangerang.

Karena jumlah kaki atau dudukan kampas ke mangkok kopling beda, tentu kampas bisa enggak bisa terpasang. Selain itu, lebarnya juga sedikit beda. Oh ya! Kampas milik Karisma dijual Rp 150 ribuan di pasaran.

Lanjut! Nah, substitusi kampas di MX lansiran 2009 ke atas, musti pakai 5 lembar kampas milik Honda GL. ”Pakai 5 lembar. Tapi, kalau bisa ring tambahan yang orisinal MX ikut dilepas. Diisi kampas kopling semua,” saran Maman.

Sedang buat MX lansiran awal, pakai 6 kampas kopling milik Karisma. ”Iya. Pakai 6 lembar, kalau enggak kopling di mangkok jadi longgar,” tambah Maman.

Nah, itu baru dua tipe friction clucth yang diaplikasi. Sesuai judul diatas, masih ada satu lagi kampas kopling yang bisa disubstitusi ke MX 135 tahun 2009 keatas. ”Bisa juga pakai punya Kawasaki AR-125,” bilang Sugeng.

Sama seperti kampas yang lain, buat pakai kampas motor sport Kawasaki lansiran 80-an ini tak perlu ubah atau melakukan penyesuaian part. Jadi, memang tinggal pasang ke mangkok kopling.

Tetap pakai 5 lembar, menurut Sugeng hasil yang diberikan kampas substitusi ini tak kalah bagus dari GL. ”Sudah ada beberapa yang coba,” sebutnya.

Soal harga, kampas kopling AR-125, di pasaran dijual Rp 25 ribu per lembar. Jika pakai 5 lembar, itu artinya kudu rogoh kocek Rp 125 ribu. Wah, enggak beda dong dengan milik GL. Dipilih! (motorplus-online.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s