Yamaha Jupiter MX 135LC, Burung Hantu Kesempatan

Modif Yamaha Jupiter MX 135LC 2011 (Palembang)

Yamaha Jupiter MX 135LC punya Yakup Toni ini sukses sebagai runner up kelas Non Matic Fashion Advance di Yamaha Cuzztomatic 4, Region 2, Palembang. MX yang digarap Yakup dan bengkel variasi Ferio Motor, Palembang ini mengandalkan cover bodi seperti burung hantu.

Sayangnya, baju burung hantu kurang sreg masuk dengan MX yang dipakai Yakup. Pakai cover burung hantu untuk MX generasi sekarang, malah kesempitan.

“Iya. Generasi MX yang baru sedikit lebar rangka di bagian bawah jok. Bermasalah sedikit waktu pemasangan,” beber Yakup yang tinggal di Jl. Bambang Utoyo, Palembang.

Cover bodi yang dipakai Yakup sebenarnya pengembangan dari baju Yamaha X1 ala Thailand. Karena di bagian depannya yang sedikit dimodifikasi, nih baju X1 jadi dikenal cover burung hantu.

Lihat aja bagian depan, di lampu depan, yang memang dikasih celah seperti garis mata yang memandang tajam. “Bodi yang ditebus sudah jadi ini merupakan bikinan Lent Automodified. Awalnya disangka tinggal pasang. Enggak tahunya ada yang sedikit beda,” ulas Yakup yang berumur 29 tahun itu.

Kayaknya baju burung hantu yang dipakai untuk MX Yakup dibuat dari generasi MX lama. Bukan cuma jarak dua rangka di bawah jok sedikit melebar ke samping dibanding generasi MX sebelumnya. Tapi, ada bagian subframe agak turun dibanding generasi MX lama.

“Makanya, ada rangka di bawah jok yang enggak bisa tertutup cover samping kanan-kiri,” urai Yakup yang berprofesi sebagai wiraswastawan itu.

Tapi, Yakup tetap memanfaatkan baju burung hantu meski secara ukuran kekecilan untuk bisa diaplikasi pada MX miliknya. Begitunya, dia berusaha supaya sebisa mungkin rangka di bawah jok tetap tertutup rapi.

Dia juga tidak memaksakan supaya tulang di bawah jok tetap tertutup. Kalau dipaksakan, cover samping kanan-kiri malah bisa berisiko patah atau minimal retak. “Cukup memanfaatkan lubang baut bodi yang sudah ada. Enggak usah diubah lagi,” kata Yakup yang berkacamata itu. (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan: 100/70-17
Ban belakang: 130/70-17
Knalpot: R9
Sok belakang: YSS
Ferio Motor: (0711) 357719

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s