New Jupiter MX 135CC: BEBEK DENGAN TEKNOLOGI MESIN BALAP

New Jupiter MX 135CC

Tech MX

Akhirnya New Jupiter MX meluncur juga ke pasaran setelah rada lama ditunggu oleh fanatikan Yamaha. Overall motor semi family sport ini seperti tak ada yang berubah. Tapi begitu didekati barulah terlihat ada sejumlah perubahan. Pembaruan paling mencolok terdapat pada sektor dapur pacunya.

Ada dua type yang dirilis ke pasaran oleh PT YMKI : transmisi manual kopling 5-speed dengan cakram di roda depan dan belakang dan satu varian lagi menggunakan auto clutch 4-speed tanpa rem cakram belakang.

“Kita telah survei ternyata ada konsumen yang tidak selamanya suka motor kencang, makanya kita hadirkan dua varian, satu kompling manual, satu tidak,” tutur  Dyonisius Beti President Direktur PT YMKI, Saat test ride motor anyar ini di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Kamis pekan lali.

Auto clutch 4-speed ditujukan bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan kecepatan tapi menginginkan bebek yang sporty. Sistem pengkabutan (karburator) yang digunakan New Jupiter MX 135 juga sudah mengaplikasi BS 25mm (vacum) sedang type sebelumnya VM 22 mm.

Sejumlah teknologi juga sudah dipakai dalam produksi motor ini. Antara lain blok silinder Dyasil yang digaransi PT YMKI sampai 5 tahun. Pistonnya juga memakai teknologi motor MotoGP (Forged Piston).

Namun ia memastikan semua jeroan mesin dan bentuk serta desain bodi antara kedua varian motor bebek tersebut tetap sama. “Bedanya hanya tipe kopling tadi,” timpal Indra Dwi Sunda, PR and Corporate Communication Head YMKI.

Selain kopling Jupiter MX auto clutch ini juga hadir tanpa cakram belakang. “Kalau yang mau sekedar tampilan sporty bisa pilih yang 4-speed, tapi kalau mau yang all new ya yang kopling manual 5-speed,” tutur dia.

Di soal tampilan perbedaannya dengan model lama antara lain terlihat pada bagian front fender dan legshield-nya. Serta sudut stang yang lebih besar membuat stang lebih dekat dengan pengendara.

TEST RIDE

Saat testride minggu lalu di sirkuit Sentul Besar motor ini dapat memberikan performanya secara maksimal, tiap transmisi  putaran mesinnya dapat dimaksimalkan.  Masuk gigi pertama, tenaga New Jupiter MX baru terasa responsif ketika grip gas ditarik dengan cepat. Hanya dalam beberapa detik, speedometer sudah menunjuk angka 20 km/jam. Pindah ke gigi 2, mencapai 60 km/jam, gigi 3 (80 km/jam) dan gigi 4 (100 km/jam).

Dengan bobot ototrend 75 kg, New Jupiter MX 135cc – 5speed dapat mudah mengail tenaga hingga peak power dengan cepat. Tercatat top speed sampai 120km/jam, ini diraih pada track straight Sentul Besar. Sementara type yang otomatis-4speed, cenderung agak lama mengail angka top speed 120km/jam. Namun yang jelas kedua type tersebut lebih nyaman dikendarai karena ada perubahan sudut pada stangnya.

Sistem pengereman juga sempurna karena kaki belakangnya sudah menginstal rem cakram. Diharapkan New Jupiter MX 135cc ini dapat melebihi penjualannya dari tahun sebelumnya 2010 yang mencapai angka 236 ribu unit.

Menurut Indra, MX baru ini dikembangkan berdasarkan hasil survei konsumen. Karena itu, akselerasi lebih diutamakan ketimbang kecepatan tinggi. “Dari survei 10 konsumen, hanya 2 orang yang menginginkan top speed lebih tinggi. Mayoritas lebih mementingkan akselerasi,” tuturnya.

infomotor-501

HANDLING
Unggulan MX baru yang belum dimiliki kompetitor adalah pelek 2.50/17 dan ban 100/17/70 (paling lebar di kelasnya). Hasilnya, kemampuan bermanuver di berbagai tikungan Sentul, termasuk S kecil, dilahap pada 80 km/jam.

Saat menikung, pengendalian mantap! Tetap stabil tak perlu khawatir footstep menyentuh aspal. Setang kemudi yang lebih menekuk ke dalam, 19 derajat (MX lama 16 derajat), juga membuat New Jupiter MX lebih nyaman diajak meliuk-liuk di antara kerucut (cone) yang berjarak 1 meter. (ototrend-online)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s