First Sight Impression The All New 2011 Yamaha Jupiter MX

Bro Sekalian, Seperti yang telah bro ketahui TMCBlog memperoleh kepercayaan YMKI untuk mereview salah satu  Motor varian terbarunya di 2011 ini New Yamaha Jupiter MX 135. Sebagai Tahap pertama akan saya mulai dengan Impresi fisik Varian bebek Hi-end Yamaha ini. Secara umum TMCBlog berpendapat bahwa Yamaha telah sukses mengerek tampilan Jupiter MX terbaru kali ini menjadi lebih sporty dan bengis dibanding varian Jupiter MX Yang lama. IMHO, Desain body baik bagian depan maupun belakangnya pun terkesan fresh dan lebih sporty meruncing.

Secara keseluruhan, Tampilan tebeng depan New Jupiter MX memang terlihat fresh dan terkesan bengis. Headlamp yang sedikit lebih lebar dengan desain baru, Lampu sen yang lebh ‘sipit’ seakan menatap tajam kedepan dengan posisi yang masih sama dengan varian Jupiter MX lama. Ujung tebeng depannya pun didesain meruncing bak paruh burung elang. Kaca Spion Jupiter Z yang meruncing pun disinyalir akan menambah bengis tampilan depan new Jupiter MX ini.

Tampilan Shroudnya di tebeng samping yang tidak lagi bertipe ‘One-Piece’ sangat dipengaruhi oleh desain motor sport Yamaha yang mayoritas menampilkan shroud ‘terpisah’. Yamaha YZF R1, R6, R15, dan R125 menggunakan desain Fairing/ shroud samping terpisah.

Bagian ekornya meruncing tajam, disinyalir lebih tajam dibanding Jupiter MX terdahulu. Desain Mika lampu rem dan sen nya pun mengalami re-design yang cukup signifikan dengan bergaya smoke . . . lumayan cantik

Konsol meter hanya terdiri dari spidometer, fuel meter, dan odo meter. Pada masing-masing point pada spidometer ditambah sinyal semacam lampu led kecil, menambah atraktif. Konsol meter ini pun memiliki indikator lain berupa indikator lampu sen, Indikator posisi gear 1N2345 dan indikator suhu yang memang sesuatu yang lumrah diaplikasikan pada mesin berpendingin cairan.

Panel-panel tombol di handlebar masih sama seperti umumnya motor, ada saklar headlamp, tombol starter, tombol horn/klakson, saklar lampu sen, saklar pemilihan lampu tinggi atau normal, kabell gas push-pull bertipe ganda seperti yang diaplikasikan ke New Scorpio Z plus tuas choke di sebelah kiri bawah

Di belakang tebeng hanya ada lubang kunci yang sudah bertipe Secure Key Shutter sebagai fitur safety, Penasaran sama bulatan disebelah kirinya itu, kira-kira enak dijadikan tempat apa ya :?: he he he

Front fender, atau yang biasa dikenal dengan nama Spatbor Depan juga mengalami update yang cukup serius dengan tampilan yang lebih besar, dan lebar . . . hmmm jadi kepikiran untuk di subtitusi ke V-Ixion . . . bisa nggak Ya :?: he he he

Rear Hugger, Mud Guard, atau yang biasa dikenal dengan Spatbor kolong . . . sebuah update baru dan pertama kali diaplikasikan di varian bebek Yamaha, semakin memperkuat aura sporty yang ditampilkan . . . disinyalir bisa disubtitusi juga ke Jupiter MX varian sebelumnya, akan tetapi dengan beberapa modifikasi terutama di sektor baud.

Roda Depan menggunakan ban OEM Merk IRC Tube tipe (masih menggunakan ban dalam) dengan Ukuran 70/90/17. Untuk Roda belakang, New Jupiter MX mengalami update ukuran Velg yang lebih lebar dibanding Versi sebelumnya dengan Ban IRC Tube Tipe ukuran 100/70/17. Roda depan sepetinya bisa dinaikkan ke tipe tubeless berukuran 80/70/17 dan roda belakang bisa mengaplikasikan Ban tubeles berukuran 110, atau bahkan 120. Namun turut perhatikan pula keberadaan Spatbor kolong, jangan sampai mengasrot ban karena pengaplikasian ban yang lebih lebar .. .  kan sayang he he

Rem depan dan belakang sudah menganut Versi rem cakram. Kaliper depan satu piston tanpa brand, sedangkan kaliperbelakang wlalu sama-sama satu piston akan tetapi tertulis brand Nissi. Apakah bisa diaplikasikan ke Jupiter MX lama? menarik untuk diketahui, mungkin akan lebih mudah bila bro membeli sepaket Velg, piringan cakram, dan Braket itupun diwajibkan memodifikasi dengan membuat tempat baut pegangan braket di swing arm . . . kita bahas lain kali yach :)

Kompartemen dibawah jok terdiri dari 3 item Yakni baterai / Aki, Tangki BBM yang berkapasitas 4 liter dan sebuah bagasi mungil yang sebenarnya hanya dibentuk dari Karet. Cukuplah untuk tempat cadangan busi, tool set dan lap he he he

Mesin yang digunakan masih sama dengan varian Jupiter MX lama berkompresi 10,9 : 1, 135 cc berorientasi tegak 4 tak, SOHC, 4 klep, berpendingin udara cairan yang mampu menghasilkan daya 12,52PS pada rpm 8.500 dan torsi sebesar 12,14 Nm pada 6.000 rpm. Knalpot di desain memanjang agak menyudut keatas dengan tambahan heat protector baik di atas maupun di bawah

Anak Kuncinya pun dibuat menarik dengan embosan lambang garputala di dalam plus ‘jendolan’ pembuka Fitur SKS bermagnet,

Pengen denger suaranya? silahkan simak file multimedia berikut, yang merupakan fitur terbaru TMCBlog.com, mohon maaf teknik merekamnya masih menggunakan ponsel he he he he

Oke deh segitu dulu ya buat impresi fisik . .. Artikel review Berikutnya akan berkutat ke review riding menyangkut ergonomi, feeling riding, performa, mileage dan hal-hal lain dalam rangka penggunaan motor ini untuk berkomuter atau penggunaan harian . . . so stay tune di TMCBlog ya, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s