Bursa Gir Set Pabrikan, Harga Tetap Terjangkau

Perantara power mesin ke roda untuk motor bebek dan sport pakai rantai. Dan dalam komponen itu juga pastinya terdapat gir. Gir ini dijual biasanya satu paket dengan rantainya.Kalau untuk gir aftermarket bisa saja beli satuan atau secara terpisah. Tapi, lain lagi dengan gir pabrikan. Gir pabrikan ini dijual satu paket atau satu set gir depan-belakang berikut rantai.

Kecuali untuk varian Kawasaki Ninja yang girtnya memang dijual secara terpisah. Daya tahan dan usia pakai gir set tentu kembali pada gaya berkendara si pemiliknya. Kalau rajin secara berkala dirawat dan dibersihkan tentu saja usia pakai juga akan tahan lama.

Kondisi lainnya gir set bisa cepat aus karena beban muatannya berlebih. “Gir rantai juga berperan kuat secara ekstrim mengantarkan tenaga dengan susah payah juga,” jelas Agus Nugroho dari Palmerah Motorindo, di Jl. Palmerah Barat, Jakarta Barat.


Honda
Gir set original motor berlambang sayap kepak ini gampang dilacak di pasaran. Karena selain bengkel resmi, bengkel umum juga paling banyak menyediakan.Untuk gir set Supra X125 harganya Rp 125 ribu dan gir set ini sama dengan Karisma. Honda Supra fit dan Revo 100 dibanderol Rp 141 ribu. Untuk Honda Astrea Grand dan Legenda series harganya Rp 115 ribu.

Honda CS1 yang basic mesinnya dari Honda Sonic Thailand harga gir setnya untuk kelas bebek paling mahal, yaitu Rp 250 ribu. Sedangkan Absolute Revo dan Blade yang mesinnya sama 110 cc gir setnya dijual seharga Rp 125 ribu. Untuk Honda Mega Pro series harganya Rp 241 ribu dan Honda Tiger Rp 765 ribu.

Yamaha

Tak beda jauh dengan merek motor lainnya. Harga gir set ori motor bebek berlambang garputala ini juga masih terjangkau. Untuk gir set Yamaha Jupiter-Z dibanderol Rp 120 ribu. Jupiter MX yang mesinnya 135 cc harga gir setnya Ro 164 ribu. Sedangkan Vega ZR dibanderol Rp 138 ribu.Untuk motor sport Yamaha¬† lebih mahal. Tapi, tenang karena masih di bawah angka satu juta. Yamaha Byson harga gir setnya Rp 314 ribu, lebih murah daripada Scorpio yang harganya mencapai Rp 646 ribu.”Harga ini masih relatif normal belum ada kenaikan,” bilang Hendri salah seorang karyawan Pasti Jaya Motor, Ciledug Tangerang.

Kawasaki
Gir set untuk motor Kawasaki masih relatif murah dibawah gope alias Rp 500 ribu untuk motor bebeknya. Untuk Kawasaki Kaze harga gir setnya Rp 140 ribu, Blitz R Rp 140 ribu dan Kawasaki ZX130 dibanderol Rp 150 ribu. Dan harga gir set bebek paling mahal dari Kawasaki yaitu Athlete seharga Rp 205 ribu.Nah, pengecualian untuk motor Kawasaki gir set untuk motor sportnya dijual secara terpisah. Jadi beli gir  dan rantainya dijual satuan. Sedangkan untuk harga girnya seperti untuk Ninja KRR Rp 753 ribu.

Untuk Ninja R ada dua versi yang pertama Rp 245 ribu dan versi original Thailand Rp 330 ribu. Dan termahal untuk gir set Ninja 250 yaitu Rp 1.550.000.

Suzuki
Kalau untuk motor Suzuki harga gir setnya dirasa relatif paling terjangkau. Contohnya untuk Suzuki Satria 150FU harga gir setnya hanya Rp 181 ribu. Lebih murah ketimbang motor merek lain sekelasnya. Dan untuk gir set Shogun R harganya Rp 100 ribu, Shogun 125 series harganya Rp 115 ribu.

“Untuk ketersediaan stok barang kami cukup lengkap, jika barangnya kosong juga proses inden cukup mudah,” kata Ahmad Fajar,dari Suzuki Mahkota Inti Jaya, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Motor Suzuki lainnya seperti Suzuki Smash gir setnya sama dengan Suzuki Smash Titan dibanderol Rp 98 ribu. Untuk gir set termahal dari motor Suzuki ada Thunder 125 seharga Rp 258 ribu. (motorplus-online.com)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s